Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Kamis, Agustus 27, 2009

Indahnya Sabar

sabar Pictures, Images and Photos

“Sabar ukh.. sabar…”, itu kata-kata yang sering saya dengar dari teman-teman saya ketika saya sedang sedih. Kadang saya jadi tambah kesel sama tuh orang, meskipun saya tahu maksud mereka baik. Dalam hati saya nggrundel ”huuh,, gampang banget sih mereka cuma bisa bilang sabar, nah aku yang njalaninnya susah minta ampun dah..” Mungkin saking keselnya ya, jadi tambah tak sabar gitu?! Huuhh,, setan nih nakal!!!! Loh koq malah nyalahin setan?! (MPE :Mekanisme Pembelaan Ego). Hohohoho…. Astaghfirullah… Sebenernya saya juga sering mengucapkan hal itu sih kalo ada teman atau saudara yang lagi susah. Hehehehehe…. pizz :P

Emang, sabar tuh mudah sekali diucapkan dengan kata-kata, tapi untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari itu yang susahnya minta ampun. Padahal sabar itu sangat penting lho… Sabar adalah salah satu terapi untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit hati. Sabar termasuk dalam akhlak yang paling utama sehingga banyak mendapat perhatian Al-Qur’an. Hal ini terbukti dengan sering diulang-ulangnya kata sabar dalam Al-Qur’an baik dalam surat-suratnya yang makkiyah maupun madaniyah. Kalo begitu, sabar bukan hanya menjadi kebutuhan pelengkap atau sekunder saja bagi manusia, namun sabar merupakan kebutuhan pokok alias primer bagi seorang manusia untuk mencapai suatu kebahagian. ”Tidak akan pernah tercapai kebahagian dan kemenangan di dunia dan akhirat kecuali dengan kesabaran”.

Benarkah sabar hanya bermakna tidak mudah marah atau terpancing emosi ketika seseorang sedang menghadapi musibah?? Maka dari itu orang yang tidak mudah marah sering kita sebut orang itu punya sifat penyabar. Sabar sering digunakan pada hal-hal yang menyangkut dengan ”musibah” dan ”marah”. Eits,, ternyata makna sabar tidak cuma itu doank lho… Saya sendiri juga baru tahu kalo sabar punya beberapa makna ketika saya mengikuti MIT (Madrasah, Ilmiah wa Tarbiyah) di kampus. Waktu itu yang ngisi materinya Ustad Alif, beliau menyampaikan bahwa sabar itu… tidak tergesa-gesa, tidak marah, istiqomah (terus-menerus dan berkesinambungan), tidak putus asa, dan menerima keputusan dari Allah SWT dengan lapang dada.
Menurut sumber yang saya baca… setidaknya ada sembilan hal yang bakal didapat oleh orang-orang yang sabar. Apa aja itu??? nih sekalian saya cantumin beberapa ayat dari Al-Qur’an, sekali lagi “sebagian” ayat, karena sebenernya masih banyak ayat yang menyebutkan keutamaan sabar. Oke,, Let’s check this out!!!

1. Ma’iyatullah (kesertaan Allah dalam hidup)
”Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS Al-Anfal: 46)

2. Mahabbatullah (kecintaan Allah)
”Dan betapa banyak Nabi yang telah berperang bersamanya sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah dan tidak lesu dan tidak pula menyerah (kepada musuh). Allah mencintai orang-orang yang sabar” (QS Ali ’Imran:146)

3. Kabar gembira
”Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar” (QS Al-Baqarah: 155)
”Mereka (orang-orang yang sabar) itulah mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS Al-Baqarah: 157).

Ketika Umar membaca ayat ini dia mengucapkan : ”Sebaik-baik shalat dan rahmat, dan sebaik-baik petunjuk adalah bagi orang-orang yang sabar.”

4. Pemberian balasan yang jauh lebih baik
”Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS An-Nahl: 96)
”Mereka diberi pahala dua kali karena kesabarannya. Mereka menolak kejahatan dengan kebaikan, dan mereka nafkakhkan sebagian dari apa yang Kami berikan padanya.” (QS Al-Qashash: 54)

5. Penyempurnaan pahala mereka tanpa batas
”Sungguh hanya orang-orang yang sabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Al-Zumar: 10)

6. Jaminan kemenangan dan pertolongan
”Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkan kesabaranmu, dan tetaplah bersiap siaga, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu memperoleh kemenangan.” (QS Ali’Imran: 200)

7. Terbebas dan selamat dari gangguan musuh, baik itu syetan atau manusia yang benci kepada Islam
”Jika kamu memperoleh kebaikan (niscaya) mereka bersedih hati, tetapi jika kamu tertimpa bencana mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan sedikitpun. Sungguh Allah meliputi segala apa yang mereka kerjakan.” (QS Ali’Imran: 120)

8. Memperoleh manfaat dari berbagai pelajaran sejarah dan kesadaran dari Al-Qur’an
”….Maka Kami jadikan mereka buah mulut dan Kami hancurkan mereka sehancur-hancurnya. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang yang bersabar dan banyak bersyukur.” (QS Saba’: 19)

9. Berhak masuk surga dan menerima ucapan selamat dari malaikat
”Dan dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka dengan surga dan pakaian sutra.” (QS Al-Insan: 12)
”Sedangkan malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil mengucapkan): ”Keselamatan atasmu berkat kesabaranmu. Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu.” (QS Ar-Ra’du: 23-24)

Gimana kawan… siapa sih yang gak mau dapet kesembilan hal di atas??? Hmmm,, sabar emang bener-bener luar biasa!!!! So, let’s do something to get it!!! Jangan sampai kita gagal meraihnya. Terus rawat, perkokoh dan pertahankan nih sifat sampai ajal menjemput kita.
OK, Hamazah!!!! (^_^)

sumber : hilmanmuchsin.blogspot.com

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum...

    afwan sebelumnya, siapa adminnya ya???
    trus knapa tidak aktif lagi blog karima nya???

    kalo gk lagi wariskan saja sama adik-adik karima sekarang, kan syang skali klo tdak dimanfaatkan blognya ini...


    by megaw

    BalasHapus

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran