Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Senin, Juni 29, 2009

Manfaatkan Waktu Liburan Sebaik Mungkin

”Gimana sich caranya bikin liburan kita jadi menyenangkan dan bermanfaat?”

Sobat,sebenernya banyak lo kegiatan yang bisa kita lakuin buat ngisi waktu Liburan.Yang penting waktu Liburan jangan dipake buat Hibernasi (Beruang Kutub kalee….)bahasa kerennya males-malesan. Inget pesan Rasulullah untuk selalu Menjaga 5 sebelum datang 5,yang salah satunya berbunyi ”Pergunakanlah masa senggangmu sebelum datang masa kesibukanmu”.Maksudnya :Jadikanlah keuntungan masa libur kita di dunia ini sebelum kita sibuk dengan ketakutan-ketakutan pada hari kiamat yang tempat pertamanya adalah kubur”.Nah loh! Rasulullah aja nganjurin kita untuk memanfaatin waktu kita sebaik mungkin.So,gimana dengan kita?
Kalo kita liat dari pesan Rasulullah tadi,memanfaatin waktu luang alias liburan ga’ hanya diisi dengan selusin kegiatan yang yang bisa ngilangin stress setelah beraktivitas, tapi juga kegiatan yang bermanfat bagi kita.Tul ga’? Banyak lho dari kita yang sering ngisi liburan ini dengan hang out, shopping ama temen-temen, hambur-hamburin fulus ke mall,ato cuma liat-liat doank buat ”cuci mata”(emank ga’ capek apa nge-ronda di mall?). Klo ga’ gitu jalan-jalan nonton Bioskop ama Gebetan,biar bioskopnya murah asal berduaan ama si Dia jadinya Asyik..(Astaghfirullah…….!!!}
Nah,untuk itu sobat! Ane punya tips kegiatan yang bisa kita lakuin pas waktu liburan yang ga’ hanya bikin liburan kita menyenangkan tapi juga bermanfaat.So,Let’s Check it out!

1. Ikut kegiatan Mengaji di Musholla/ Masjid
Kegiatan ini keliatannya simple,tapi manfaatnya besar lho, Prend! Mengaji itu ga’ hanya kita membaca ayat –ayat suci Al-Qur’an doank, truz abis itu ditutup gitu aja. Ya ga’lah Prend! Mengaji itu membaca ayatnya, kemudian coba ngelihat arti dari ayat yang kita baca tadi agar kita bisa tau maknanya sehingga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Wow keren donk Pastinya….!!{Ya iyalah masa’ya iya donk….!!}.Ga’ hanya itu,kalo kita ikut kegiatan Mengaji di Musholla/Masjid,pastinya kita kan dibimbing ama ustadz/ustadzah.Nah,pada saat itu sobat-sobat bisa konsultasi seputar problema sehari-hari atau mengkaji lebih dalam tentang Islam.Hal itu bisa mempertebal keyakinan kita akan Islam dan kepada Sang Kholik.

2. Ikut SanLat {Pesantren Kilat}
Pesantren kilat itu adalah program pendidikan dimana santri {perserta SanLat}bertempat tinggal di pondok hanya dalam beberapa hari atau beberapa minggu saja, misalnya libur hari minggu (mulai sabtu sore sampai senin pagi), libur hari besar, liburan semester ato liburan tahunan. Pesertanya kebanyakan itu pelajar sekolah umum di luar pondok Pesantren.Jadi, sobat bisa ngerasain gimana rasanya nyantri di Pondok Pesantren.Alhasil,kegiatan ini dapat menambah wawasan kita tentang Dunia Islam dan bisa sebagai sarana Introspeksi diri.Tul ga’?

3. Pergi ke Bookstore ato baca buku di Perpustakaan
Hang out ke Toko Buku ato ke Perpustakaan kayaknya boring banget.Paling-paling disana cuman ada rak buku ama tumpuka buku doank ( ya iyalah…namanya juga toko buku,Neng!.Eits..,tunggu dulu prend!Kegiatan positif ini bagus banget dan juga punya segudang manfaat loh Prend!ga’ percaya?

Menurut Buletin Bunyan yang tempo lalu Ane baca,Membaca buku bagi Usia anak-anak dapat meningkatkan daya imajinasi,daya kreativitas maupun dapat meningkatkan daya ingat loh..!!Wow Fantastic!The Wise man ever said that Book is The Window Of The World {artinya: Buku adalah jendela dunia.So,dengan membaca kita bisa tau perkembangan dunia luar n’ perkembangan ilmu pengetahuan.Dengan begitu,kita ga akan di Cap Gaptek n selalu ingat akan tanda-tanda kekuasaan Allah. Bayangin aja,dulu kita cuman kenal ama teori Atom Dalton yang menyatakan kalo Atom adalah partikel terkecil dari suatu benda yang ga bisa dibagi-bagi lagi.Tapi, seiring berjalannya waktu dan para ilmuwan sering membaca catatan-catatan ilmuwan masa lampau serta melakukan eksperimen untuk mengembangkannya, sehingga sekarang dikenal partikel Atom yang lebih kecil yang terletak pada inti Atom yakni bernama Quark.Subhanallah……

4. Mengikuti Kegiatan Outdoor.Contohnya: Camping, Penjelajahan atau mendaki Gunung.
Ternyata melihat tanda-tanda kebesaran Tuhan bisa juga dengan memperhatikan gejala-gejala alam yamg terjadi pada lingkungan sekitar. Banyak lo kegiatan yang dalam pelaksanaannya selalu melibatkan peran alam sekitar.Controhnya: Camping{kemah}, Pecinta Alam, Penjelajahan ato mendaki Gunung. Sehingga dengan mengikuti salah satu kegiatan di atas, Kita bisa tau ga hanya gimana caranya kita survive (bertahan hidup)di alam bebas, kita juga bisa melihat indahnya pemandangan dari atas bukit ato Gunung yang secara langsung hal itu membuat kita menyadari bukti tanda-tanda kebesaran Allah SWT dan mendorong kita agar selalu bersyukur atas segala nikmatnya.

5. Olahraga / Fitness
Kegiatan ini sepele n’ selalu diabaikan dalam keseharian kita. Tapi pengaruhnya cukup besar. Truz, Apa salahnya kalo kita ngisi liburan ini dengan sering ngelakuin olahraga. Minimal lari-lari pagi sehabis Sholat Shubuh sampe pergi ke tempat fitness buat ngelatih tubuh kita biar kayak Ade Ray…he….he…he…Knapa sih olahraga itu penting banget? Coz kalo kita berolahraga, kita bisa menjaga kondisi tubuh kita tetep fit n’ ga bakal gampang loyo supaya kita bisa terus menjalani rutinitas sehari-hari dan kita bisa terus ngelakuin kewajiban kita sebagai ciptaan Allah SWT. Tul ga, prend?

Nah,itu tadi Top 5 alternatif kegiatan yang bisa sobat For-U lakuin waktu liburan yang ga’ hanya bikin liburan kita menyenangkan tapi juga bermanfaat. Uccey!! Semoga tips tadi bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian. Oya, sebelumnya Redaksi For-U Ngucapin Met Liburan Ya! Have a Nice Holiday!

(islamuda.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran